11.06.2016

COGNITIVE FUNCTIONS AND PERSONALITY TYPE

Cognitive function personality mbti explanation
cognitive process and personality, which type are you?

Iseng banget bikin beginian. Ngoklah.

Lagi semangat semangatnya ngebuat infodoodle, ambil beberapa tema salah satunya tipe tipe kepribadian dan kognitif, soalnya rada menarik sih. Tapi post ini ga akan ngebahas tentang personality dan cognitive, saya sendiri ga bisa menggolongkan diri ke bagian tertentu. Beginilah manusia kontradiktif ga jelas. yey! 

Btw apa itu infodoodle? Hmm, ntar deh bahas itu di post sendiri. muehehe. 

Awalnya bikin infodoodle tema ini pengen pure gambar semua biar enak dilihat, ambil secara garis besar kubagi per bagian, jadi 3 part. Pas coret coret bikin draft kok kalo gambar semua informasinya kurang dimengerti, dan lagi ga all in one gitu sepaket. Macam iklan skincare yang kebanyakan all in one. Ubah haluan banyakin informasi, jadilah begini, semakin lama dilihat semakin menyakitkan mata, kakehan tulisan. And then malah susah dibaca wkwkwk. Gapapalah buat pertama (menghibur diri). Cukup sudah tidak akan pernah lagi ngebuat infodoodle secara horizontal, enak vertikal :D 

Masih ada 3 tema lagi yang pengen dibuat cuma baru draft kasar banget hahaha. Beginilah kalo awang-awang lebih indah daripada realita.


10.14.2016

ORGONITE, GIFTING, KESEIMBANGAN ENERGI DAN ALAM

Kedengarannya terasa asing yah? Ya memang itu bahasa asing kok haha. Kata-kata ini mungkin belum banyak didengar orang kebanyakan. Yang pernah dengar samar samar, sedikit tahu atau melihat bentukannya sekelibet di internet biasanya mikir ini barang absurd, berbau unsur mistis dan supranatural macam batu bertuah gitu berhubungan ama makhluk halus hahaha #capedeh padahal ini bisa dijelaskan secara ilmiah ;)

orgonite pendant
Orgone Pendant / Source

10.10.2016

DERU DEBU, LIRIH SUARA YANG TAK TERDENGAR

woman and sunset

Debu--bagimu hanyalah partikel partikel kecil dari berbagai macam penjuru yang berkumpul. Terbawa angin membentuk pola irama tariannya yang lincah mengajakmu bermain-main, kehangatan sejuknya melewati sela lekuk tubuh, menderu berbisik ke dalam telinga dengan bahasanya sendiri, karena tiada rangkaian huruf yang mampu mendefinisikan dan menggambarkannya dengan kata-kata.

Menikmati momen itu dan membiarkannya lewat terjadi lalu menyisakan pertanyaan rasanya bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan. Ini bukan hanya sekedar penerimaan sensasi luar tubuh, bukanlah mata yang melihat, kulit yang merasa-raba ataupun telinga yang mendengar. Yang dipersepsikan (olehmu) adanya suatu 'batas' jelas antara ruang external dan internal melalui penginderaan fisik--object yang diterima oleh indera.

Cukuplah secuil pemikiran kacauku, hanyalah latar belakang penamaan tag 'deru debu', memberikan ruang gerak tersendiri untuk menterjemahkannya ke dalam tulisan, walaupun mungkin beberapa diantaranya tidak akan mencapai sebuah kejelasan pasti..

Listen to the sound of the sound
Just feel, and it speaks through you :)

10.05.2016

ESKRIM : BELI GUNDAH, BIKIN SENDIRI NAGIH

membuat ice cream sendiri
bikin eskrim

Jelas sudah gundah dan nagih itu sesuatu yang terhubung jauh, sadar maupun tidak sadar. Contoh paling gampang yang beresonansi ama hampir setiap manusia--apalagi anak piyik jaman sekarang keduluan ngalamin di awal umur mainnya adalah 'cinta : patah hati gundah, jatuh hati nagih'. Ada satu obyek dengan dua sisi yang sama sama bikin bingung. Haha apaan sih! mau nulis tentang cara buat es krim sendiri aja kok harus bahas 'obyek dan sisi-sisinya', dikira ngitung luas permukaan apa -_- Lupakan yang diatas, anggep lagi ngomong sendiri ajalah-_-

Penggemar eskrim bawaannya pengen makan eskrim kan.. Tapi disalah satu sisi gabisa terus terusan beli karena beli satuan kurang nikmat, muehehe maunya yang 1 tub (songong banget emang). Sedangkan kalo 1 tub dalam hitungan hari tinggal menyisakan tempatnya aja ahaha. Lha ini namanya doyan atau pelarian dari kesedihan? Mengutip dari quotes Happiness is a tub of ice cream, jadi kalo sering makan eskrim berarti biar mengusir rasa sedih gitu? haha #ups

9.10.2016

CEK SEBELUM MENONTON FILM DI BIOSKOP

Sebelum nonton film di bioskop
photo by Verne Ho

Musti ya ini? haha iya musti terutama kalau suka nonton, prefer nonton film yang berkualitas, dan menyukai efisien dalam waktu. Eh tapi sebelumnya cek dulu ada temen atau pasangan ga buat nonton? haha canda, ngga penting juga kok kamu nonton sendiri atau ama orang lain :p Enaknya sih ga sendiri ya hihihi


1. Cek ke Website Penyedia Database Film

Nggak mau kan kalau ternyata film yang barusan ditonton pakai tenaga, waktu dan materi ternyata ga memuaskan hatimu. Ya kecuali kalo kamu ga masalah nonton film apapun dengan kualitas buruk sekalipun oke oke aja, skip step ini. Cek di website khusus film untuk baca sinopsis singkat, liat review, cek rating supaya bisa membandingkan film apa yang akan kamu tonton, fungsinya untuk meminimalisir rasa kecewa. Website khusus film ini seperti Rotten Tomatoes, Imdb, dll. Hati-hati dengan spoiler! Kecuali kalau kamu penikmat spoiler atau malah si penyebar spoiler dimana-mana.

9.08.2016

SITUS DATABASE FILM UNTUK SI PECINTA FILM

Situs database film

Bagi si penggemar berbagai film dan tv shows, rasanya ga lengkap banget kalau cuma sekedar menonton aja tanpa tau info lainnya seperti film baru yang akan direlease, film yang udah lama diproduksi, rating, cast, award, trivia bahkan seputar orang-orang dibalik layar dan fakta dibalik film tersebut. Hmm..kurang afdhol gitu kata orang mah (ah bilang aja kepo, ga mau ketinggalan dan nagih). Untungnya banyak situs khusus seputar film dan tv shows yang memanjakan penggemarnya supaya betah berlama lama mengulik informasi tersebut, mungkin kamu juga suka mengunjungi salah satunya. Apa aja sih situsnya? Ini review abal beberapa situs film yang suka saya kunjungi :) posting inimengendap lama banget di draft, akhirnya ke publish juga (curhat ceritanya)

Internet Movie Database (www.imdb.com)

internet movie database
Website IMDb

9.05.2016

JANGAN ASAL COMOT / PAKAI GAMBAR DARI INTERNET

a picture is worth a thousand words

Visual menawarkan banyak hal menarik dibandingkan dengan tulisan. Itulah kenapa Instagram, Youtube, Pinterest menjadi situs besar karena mereka didasarkan pada visual/gambar. Gambar tidak terikat pada bahasa, mereka berbicara dengan bahasa universal yang dengan mudahnya dimengerti oleh orang dari kalangan manapun.

Kecuali pada novel yang memang menekankan pada cerita, mengajak pembacanya larut dalam bayangannya sendiri dari deskripsi yang dijelaskan (dalam hal ini sama-sama menggunakan otak kanan-visual tapi dengan cara yang berbeda ya), pemberian gambar justru tidak diperlukan. Berbeda dengan novel, membaca Blog rasanya kurang 'hidup' jika berisi tulisan saja. Iya kan?

Masalahnya adalah... tidak hanya pada blog ya,  pada suatu project yang lagi digarap ketika  menyisipkan/menggunakan suatu gambar tapi tidak punya sumber gambar yang 'aman' seperti foto/gambar hasil karya sendiri atau punya teman yang sudah diberi izin. Walaupun gambar dengan mudah dicari melalui 'perpustakaan bersama', si mesin telusur google, bukan berarti dengan bebasnya lho memakai gambar tersebut. Jangan asal comot seperti makanan di rumah, suatu karya termasuk didalamnya gambar di internet, mempunyai hak cipta yang dilindungi, apalagi kalau dipakai untuk komersial/jualan yang mendatangkan keuntungan..beuh.

9.02.2016

DREAM CATCHER, LEGENDA PENGUSIR MIMPI BURUK

Dream Catcher

Kalau kata orang, supaya tidurnya ga mimpi harus banyak doa, tapi ada suatu legenda kuno dibelahan bumi bagian barat nan jauh disana, mimpi buruk bisa disaring oleh suatu benda atau bisa disebut jimat yang dikenal dengan nama dream catcher (penangkap mimpi). Penduduk asli Indian di Amerika sana mempercayai udara malam penuh dengan mimpi baik dan buruk, sehingga mereka percaya dengan meletakkan dream catcher yang tergantung bebas di atas, atau dekat tempat tidur akan melindunginya dari mimpi buruk.

Berhubung suka mimpi yang aneh, bukan buruk ya tapi aneh, absurd macam cerita fantasy, tokoh aneh, fiktif imajinatif, tau deh kenapa bisa mimpi begini nikmatin aja seru kok ahaha pertanyaannya, kalo mimpi aneh masuknya baik atau buruk ya, apa dream catcher ini meloloskan mimpi aneh yang seru? hahaha -_-

8.20.2016

SEANDAINYA PUNYA HEWAN LUCU INI

Kebayang ga sih punya hewan liar yang bukan hewan peliharaan? Nggak? Sama kok saya juga engga haha. Mungkin diantara kalian pernah punya hewan peliharaan mainstreama kayak kucing, anjing, burung, ayam, cupang, sampai yang mini mini yang naik daun jadi hewan peliharaan seperti landak mini dan sugar glider. Tapi boleh lah kalau berimajinasi *baca:ngarep punya hewan hewan tertentu yang mustahil untuk dipelihara :D Sebenarnya post ini hampir sebagian besar diambil dari blog lama yang sudah di nonaktifin -_-

1. Harimau Putih

harimau putih
Kucing Besar (kurang suka sama yg berbau kucing, ga baek kan maen kucingkucingan)

8.06.2016

WAITING KIT, KREATIF SAAT MENUNGGU


Beda ya sama jatuh cinta yang membuat waktu jadi cepat berlalu, menunggu itu membuat waktu berjalan lebih lama dari normal (andaikan bisa dibalik). Lama-lama jadi bosen, misuh-misuh sendiri. Beda sama nungguin jodoh orang, masih bisa disalurin keselnya. Lha kalo nungguin kereta yang lagi gangguan sinyal, susah kan nyalurinnya. *kok curhat. Orang nunggu seringnya berinteraksi sama gadget, baca, ngobrol sama orang lain (asal jangan ketemu sama maniak), ngemil bagi yang hobi, dll. Buat yang sering nunggu dan bosen sama aktivitas yang udah-udah, bisa lah eksperimen cara lainnya yang fun!

Waiting kit! Nyebutnya gini aja ya :D Sesuai namanya waiting kit ini media aktivitas pas lagi nunggu, isinya ga banyak dan ga akan penuh-penuhin tas yang emang udah banyak barang ga jelasnya :P. Ide awalnya ngebuat aktivitas ini sih selain karena menunggu itu buang buang waktu tidak produktiv (hate this), juga karena gara gara pernah ga sengaja lihat Wreck This Journal di toko buku. Asli emang gila (baca: awesome!) authornya, jual buku yang bukunya buat dinyek nyek, dirusak :D

8.05.2016

PEREMPUAN DAN LANGIT




Suatu hari seorang perempuan duduk terdiam memandangi langit, ia bertanya dalam hatinya
"hey langit.. jika aku berada disini apa kau terus mengawasiku? 
betapa indahnya dirimu sore ini.. 
ketika aku memandangmu, 
terkadang aku merasa iri melihatmu
andaikan aku bisa terus disini, hanya bersamamu wahai langit.."


Ditemani skecthbook, sebuah earphone dan handphone yang mengalunkan melodi,
mereka layaknya teman hidup yang selalu setia dan sabar menghadapinya
Ia pun mulai menggoreskan pensil lusuhnya di atas kertas
Tak peduli akan hingar bingar sore itu, toh terlalu asyik dengan irama hatinya
ditambah kicau burung gereja ramai yang tertangkap oleh indera pendengarannya
melebur bersama melodi musik dan nuansa damai yang dirasakannya
Angin berhembus silir, menemaninya tenggelam dalam kesenangan imaji dan realita..

Sendiri.. menikmati waktu bersama indahnya langit


(Diambil dari catatan lama yang tertimbun diantara tulisan kacaunya)

8.03.2016

ICRAFTING HANDMADE

Hello, perkenalkan icrafting handmade. Awal membuat custom bareng temen lebih ke pesenan, karena suka sama coret coret, doodle dan hewan hewan lucu, jadilah cenderung bikin bantal boneka hewan dan karakter. Who doesn't love animals? hehehe. Pengennya nantinya ada tote bag sama lampu (udah ada ide dan udah di desain hehehe cuma lagi kendala di pembuatan, doakeun ye moga kegarap) Nah, semua gambar dibawah ini murni illustrasi pribadi (kecuali bantal karakter no face dari film spirited away) terus digambar lagi ke kain katun.
__________________________________
 Line@anj2137r
Instagram : Icrafting.id 
Website : www.icrafting.tumblr.com
__________________________________ 
We Are Waiting For Our Owner, Please Take Us With You :)
(Kalau gambar berantakan/bukanya dari smartphone, scroll ke paling bawah, klik 'lihat versi web')

jual bantal handmade unik
Kucing Lucu

cute handmade plushtoy
Bantal Hedgehog

jual bantal lukis custom handmade
Rakun Racoon

3.29.2016

DIY TONER UNTUK MENGHILANGKAN BERUNTUSAN

menghilangkan beruntusan
Iya, bener. Itu emang bunga boongan :P Ini botolnya ada tonernya lho, kok ga keliatan ya
Tadaa! Ini postingan pertama tentang skincare dan mungkin akan ada lagi postingan kayak gini nantinya, hihihiw. Ini DIY lho, bukan beauty-beauty an karena ga beautiful tapi pretty full. Lha? maksa (Abaikan, itu jelas suatu kebohongan publik) Karena penyuka DIY-an dan yang alami alami gitu, jadi pengen sharing , kali-kali ada juga diluaran sana ada yang lagi gundah gulana punya masalah serupa (I know life is hard, dear.. *sambil gigit kain buat ngelap ingus) dan sedang dalam proses berjuang,  masalahnya bisa kelar sama kayak saya. Yah bisa juga nggak sih.

3.18.2016

MEMBUAT DIY CLAY ITU MUDAH MUDAH SULIT

diy clay macaron

Awal tau DIY clay ini gara-gara baca di toko buku *maafkan karena dulu punya hobi berlama lama di toko buku buat baca gratis, tapi semenjak mahasiswa udah nggak kok karena sibuk belajar supaya pintar. hmm. Didalem bukunya diajarin tutorial boneka clay yang lucu lucu banget (biasalah ya sindrom gabisa pindah fokus kalo ngeliat sesuatu yang lucu kayak kamu gitu).

Kirain boneka clay ini dari tanah liat, tapi pas baca bahannya gampang dicari, tinggal ambil di dapur. Cara-caranya juga kayaknya gampang, tinggal dicampur baur, diudek udek, dibentuk sana sini, diuplek-uplek dikit terus jadi. Tadinya mau foto-fotoin caranya terus buat sendiri dirumah (maklum anak sekolah), tapi  karena kamera hape saya waktu itu apa adanya.. belum megapixel mungkin.. walhasil ngeblur ga jelas. Dengan penuh pertimbangan akhirnya memutuskan untuk membeli bukunya, jaman segitu belum banyak yang posting tutorial di internet.

2.20.2016

DIY TO DO LIST BOARD FROM OLD CALENDAR

diy to do list board
The year is changing, your life is changing and so the calendar in your home :D They're all new, so what to do with old calendar? Instead of throw it to garbage can, what about make a DIY To Do List board with a Motivation and Vision Board, sure it will help you to concentrate and stay focus on your goal!

2.06.2016

BELAJAR DI SEKOLAH KEHIDUPAN

sabar ikhlas syukur kuat tabah
Ready to learn?

Ih judulnya nggak banget deh, males banget ngomongin sekolah apalagi kalau nilainya bagus2 jelek2 kayak ane. Sekolah bukan hanya di institusi formal dari tk hingga perguruan tinggi saja (bersyukurlah yang bisa menikmati itu semua), tapi semua proses yang kita lalui dari lahir hingga seperti sekarang ini. Yup, selamat datang di sekolah kehidupan!


Terus, ngapain aja gue selama ini? Tujuan gue hidup apa sih? Siapa sih gue sebenarnya? (nah kok jadi amnesia gini). Sering ga sih dipikiran berseliweran segudang pertanyaan macam ini? Sedikit sudah menemukan beberapa jawabannya dan sederet antrian pertanyaan lainnya yang belum terjawab, terkadang pertanyaan itu memuculkan dirinya dari jawaban yang udah diketahui, nah beranak pinak. Banyak hal terjadi mengubah sudut pandang, kepribadian, dan perubahan lainnya termasuk mental dan fisik (asal jangan ngubah kelamin)

1.28.2016

DIY PAINT PALETTE FROM BOTTLE CAPS

bottle caps recycled crafting

Do you like drawing, or painting? Maybe both? I prefer doodling haahaha because doodling is more simple and doesn't need many tools and equipment. You just need a place to draw and something to make some lines, right? *hey! drawing and painting are the same too -__-

Hmm I paint on fabric sometimes, 'something' that I use to make a line on fabric is acrylic, textile paint, and screen ink for fabric. The lazy part is after finish the painting, I clean all the tools and always make an effort to do it. Textile paint is easy to clean - no effort, always love this. Acrylic is rather difficult to clean when it stick at the palette, while the screen ink is most difficult to clean than the other. It need a sponge and special toothbrush just to clean that lovable screen ink.

1.26.2016

MAKE YOUR OWN RIBBON


diye ribbon gift wrap

Ribbon! They're sweet and cute, right? A simple gift will look amazing if wrapped by ribbon. Yes, it will change the overall appearance. Instead of buy some those cuteness on the store, you can make your own ribbon, they're very easy to make. This will show you how to create your own ribbon using a paper, fabric, burlap, gauze even a wire!

1.24.2016

PENCIL HOLDER DIY FROM RECYCLED MATERIAL


recycled material plastic bottle

How do you store your pen? Vertically or horizontally? I didn't care about how to store pens and pencils, all types of my pen and pencils were stored vertically. I often use some marker and pen brush. One day I was accidentally read my marker, 'store the pen horizontally'. So I checked all my pen, and some of them were stored incorrectly.

1.17.2016

MAKE A GIFT BOX FROM POCKET FOLDER

recycled pocket folder

This ideas of little gift box came up after re-setup my clutter desk (Finally! -_-). I found some pocket folders, most of them were dirty and not used anymore. Such a waste if I throw it into trash can. Thought of reuse this thing, guess it would be nice for a box, a gift box! Cause I don't have to spend a money for gift wrapping :D. The thickness was right, not too thick and not too thin. Sooo, I decided to make a little gift box and give a gift to someone I love. YEY!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...