1.02.2017

MEMBUAT ALAS FOTO DARI TRIPLEK BEKAS

membuat alas foto sendiri itu mudah lho

Ceritanya lagi ada triplek bekas alas kasur yang udah ga kepake lagi, dibuang sayang, dipakai lagi buat apa yah, mikir udah keropos gitu dimakan usia. Kasihan...hidup segan mati tak mau. Eh kebetulan banget lagi pengen beli alas foto. Mupeng liat-liat dulu kayak apa di pasaran, ceki ceki di instagram dan toko-toko online, katanya sih yang jual banyak.

Udah liat sana sini, belum ada yang pas di hati. Bagus-bagus sih yang dijual di pasaran cuman gimana yah kebanyakan yang saya temuin motifnya ketara gambar, bahkan ada yang gambarnya pecah, ada juga yang kayak foto-foto yang kuambil, noise+ngeblur hahaha. Takut juga sih kalo udah beli malah nyesel.

Sebenarnya tergantung selera ya, saya pribadi agak kurang sreg aja. Ambil contoh untuk kayu gitu motifnya banyak yang oke tapi karena gambar, teksturnya kurang nampak dan bagian sambungannya itu malah jadi aneh kalo kualitas gambarnya kurang bagus. Pikirku lebih baik ambil gambar di situs penyedia gambar yang high res, lalu cetak sendiri ke tempat printing.. uhuy.

Baca juga : Nyomot gambar di internet?

Sok lah setelah ga yakin beli, akhirnya triplek bekas ini jadi bintang utama untuk membuat alas foto.

Alat :
1. Penggaris dan cutter (ini sih tinggal ambil dari tempat alat tulis)
2. Cat dan kuas. Tentunya beli di toko bangunan, beli aja yang kecil, kecuali kalo males ke toko bangunan alternatif pakai cat acrylic yang ada dirumah. Bisa sih, cuma sayang atuh kalo pake acrylic.
3. Lem kayu
4. Koran/kertas bekas buat selemek supaya ga bececeran catnya

Syukur-syukur kalo ada alat pertukangan si bapak. Biasanya kan bapak-bapak punya alat-alat macam obeng, linggis, barangkali sisa-sisa kuas ama cat juga ada. Untuk thinner bisa dicampurin ke cat, opsional aja supaya cat cepat mengering. Kalo ga pake thiner rada lama keringnya, bagus dalam melatih kesabaran buat yang ga sabar.

Baca juga : Serba serbi foto produk cantik

Anyway cara membuat alas foto ini gampang banget.
Motif tergantung selera ya, disini saya buatnya kayu yang disusun kayak pager, lol.
Alas foto kayu
Di cat warna putih supaya objek yang pengen ditonjolkan lebih fokus

Cara buat :
1. Cat seluruh triplek, tunggu kering
2. Potong potong sesuai selera, mau besar atau kecil
3. Satukan lagi pakai lem kayu

Ini aneh ya dipotong terus disatuin lagi. Kalau mau keliatan rustic, pas udah kering dikopek pakai obeng jadi efek catnya kelupas gitu.

Maapkeun liatin prosesnya ga lengkap. Begitulah kalau terlalu asyik, menyatu dengan moment, sampai lupa difoto. Padahal emang mau bikin sekalian di share di blog supaya ada bahan apdetan tulisan. ngok.. Bener itu yang bilang kebahagiaan ga harus difoto. Justru saat kita benar-benar menikmati momentnya saat itu lah kebahagiaan, walopun cuma berasal dari hal-hal remeh temeh ;)

Hasil alas fotonya bisa dilihat seperti gambar di postingan ini, ada beberapa bagian yang crack karena emang prongkal-prongkal (bahasa apa ini) pinggirannya. Lumayan puas, maklum hasil buat sendiri xD

alas foto motif kayu
membuat alas foto sendiri mudah
handmade pillow
alas foto jualan
Icrafting Handmade

2 komentar:

  1. Motong tripleknya pakai apa mba? Pakai cutter kah? Soalnya di alat2nya gak ada gergaji..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini pakai cutter kok, soalnya tripleknya tipis jadi gampang dipotong gausa pke gergaji bisa. Kira2 3-5 kali gores bisa kepotong :)

      Oh ya kalo bikinnya ukuran gede di kanan kirinya dikasi kayu/triplek dilem supaya ga 'letoy'

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...