9.02.2016

DREAM CATCHER, LEGENDA PENGUSIR MIMPI BURUK

Dream Catcher

Kalau kata orang, supaya tidurnya ga mimpi harus banyak doa, tapi ada suatu legenda kuno dibelahan bumi bagian barat nan jauh disana, mimpi buruk bisa disaring oleh suatu benda atau bisa disebut jimat yang dikenal dengan nama dream catcher (penangkap mimpi). Penduduk asli Indian di Amerika sana mempercayai udara malam penuh dengan mimpi baik dan buruk, sehingga mereka percaya dengan meletakkan dream catcher yang tergantung bebas di atas, atau dekat tempat tidur akan melindunginya dari mimpi buruk.

Berhubung suka mimpi yang aneh, bukan buruk ya tapi aneh, absurd macam cerita fantasy, tokoh aneh, fiktif imajinatif, tau deh kenapa bisa mimpi begini nikmatin aja seru kok ahaha pertanyaannya, kalo mimpi aneh masuknya baik atau buruk ya, apa dream catcher ini meloloskan mimpi aneh yang seru? hahaha -_-

Representasi simbol dan bentuk

Kenapa gitu bentuk lingkaran?
Simbol keliling lingkaran pada Dream Catcher berkaitan dengan budaya penduduk asli setempat yang melambangkan kekuatan dan persatuan. Diyakini lingkaran pada dream catcher sebagai kekuatan untuk menangkap mimpi seseorang, ada juga yang menyebutkan lingkaran ini menggambarkan perjalanan giizis (matahari-bulan) di langit.

Kok bentukannya seperti jaring laba-laba?
Bentuk jaring-jaring ini melambangkan sebagai penangkap, maksudnya adalah supaya membiarkan mimpi baik/positif menyelinap masuk melalui lubang jaring menuju ke alam tidur seseorang, sedangkan mimpi buruk/negatif akan terjebak dalam jaring dan menghilang terkena sinar matahari.

Itu kenapa memakai bulu-bulu burung?
Bulu-bulu burung yang tergantung, terletak ditengah melambangkan nafas, udara. Suatu kebutuhan yang penting dalam kehidupan. Nah kalau ini sejujurnya saya masih kurang paham hubungannya apa, mencoba mengartikan.. karena tergantung bebas, beratnya yang ringan sehingga 'udara' yang dimaksud esensi kehidupan ini dengan mudah menggoyangkan/menerbangkan bulu-bulu itu.

Bahan yang digunakan
Aslinya penduduk setempat menggunakan bahan-bahan yang tersedia dari alam, seperti pohon kayu willow untuk membuat lingkaran luarnya, pintalan dari tanaman seperti akar dan batang untuk membuat jaring jaring dalam, ditambah hiasan dari bulu bulu burung dan kerajinan setempat yaitu manik-manik.


Dream catcher sudah menjadi bagian budaya suku pedalaman Amerika dan tersebar luas gaungnya di dunia. Orang-orang jaman sekarang ini banyak mengadopsi bentukan dream catcher menjadi barang bernilai jual seperti barang dekoratif penghias ruangan dan aksesoris fashion, yang tersebar menjadi gelang, kalung, key chain yang banyak dijual di pasaran. Lucu lucu dan beraneka ragam warna dan style. Bahan bahan pembuatnya udah banyak menggunakan tali dan bulu bulu sintesis, hiasan manik manik, bebatuan, atau dimodifikasi sedemikian rupa menggunakan bahan pengganti lain yang ekonomis.

Susah juga sih menggolongkan mimpi itu buruk apa ngga. Hmm.. sebenernya ga gitu percaya sih sama mitos, cerita legenda seperti ini hehehe. Cuma memang sesuatu itu akan 'bekerja' ketika kita percaya, bisa disebut dengan sugesti ke diri sendiri, tau sendiri kan kekuatan sugesti itu seperti apa luar biasanya. Penasaran juga sih sama aslinya yang dibuat dari bahan alam, sering liat dijual tapi ga pernah beli haha. Mungkin kamu punya dream catcher yang unik ini, berhasilkah mengusir mimpi burukmu? ;)


Bacaan :
http://www.dream-catchers.org
https://en.wikipedia.org/wiki/Dreamcatcher
http://www.nativetech.org/dreamcat/dreamcat.html#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...