3.29.2016

DIY TONER UNTUK MENGHILANGKAN BERUNTUSAN

menghilangkan beruntusan
Iya, bener. Itu emang bunga boongan :P Ini botolnya ada tonernya lho, kok ga keliatan ya
Tadaa! Ini postingan pertama tentang skincare dan mungkin akan ada lagi postingan kayak gini nantinya, hihihiw. Ini DIY lho, bukan beauty-beauty an karena ga beautiful tapi pretty full. Lha? maksa (Abaikan, itu jelas suatu kebohongan publik) Karena penyuka DIY-an dan yang alami alami gitu, jadi pengen sharing , kali-kali ada juga diluaran sana ada yang lagi gundah gulana punya masalah serupa (I know life is hard, dear.. *sambil gigit kain buat ngelap ingus) dan sedang dalam proses berjuang,  masalahnya bisa kelar sama kayak saya. Yah bisa juga nggak sih.

Intermezzo dulu.. Bagi pemilik kulit berminyak kayak saya (mungkin udah bawaan orok) pasti pernah punya bberapa masalah yang tidak menyenangkan. Jaman sekolah jerawatan, akhir SMA dan pas kuliah pada ilang kemana itu jerawat nggak nongol padahal ga pake apa apa, cuci muka cuman pke air kadang pake sabun bayi. Temen pada main kekos minta sabun muka ga punya-_- Di pertengahan kuliah ikut kegiatan alam,  banyak kegiatan di alam dan ga dirawat bikin muka nggak enak rasanya, kasar, kucel, kayak ada lapisan gitu (harusnya di exfoliate tapi yah..ga ngeh. maklum tipe late bloomer, belum ngerti ama gitu gitu). Disuruh temen pakai sabun muka, akhirnya beli sabun muka ama susu pembersih, beneran jadi beda bahkan di puji orang. Tapi tak berlangsung lamaaa.. Di penghujung akhir kuliah bikin tugas akhir jerawatan lagi! awalnya dikit lama-lama banyak. Campur stress juga.. Sampe temen cowok nanya "lagi kena cacar?", dia bukan becanda tapi nanya serius, maakk rasanya muka pengen ditaroh pantat aja biar pada ga liat. 

Untungnya masa-masa itu sudah lewat. Asoy.. Tapi setelah itu sembuh, muncul beruntusan sodara-sodara, ga gitu kelihatan kan kecil, ga meradang juga. Tapi kan tetep aja kzl..! Lihat di pinterest orang bule sono pada pakai cuka apel, katanya sih Scarlett Johansson juga pake ini, wew aktris sono ajah yang kelas Hollywood pakenya cuka apel gitu lho. Akirnya ikutan buat, eeh manjur lho biar kata ga kayak Scarlett juga. Ga hanya beruntusan yang ilang, tapi juga minyaknya kekontrol, dan ngecilin pori. (Asli ga ngiklan ini!)

Ini contoh cuka beras yang saya pake. Udah tinggal dikit, mungkin ada yang mau beliin?
Alat & Bahan :
1. Cuka apel / cuka beras (jangan pakai cuka yang biasa buat masak yang botolnya plastik putih itu ya)
2. Distilled water, air mineral juga gpp sama aja kok hasilnya
3. Wadah kecil (kalau bisa kaca)

Buat yang bingung belinya, beli merk Tahesta aja kalau cuka apel, selain halal juga gampang nyarinya, diapotik juga banyak. Saya pernah pakai cuka apel, tapi kali ini yang saya pake cuka beras. Cuka beras belinya di carrefour transmart, lengkap banget disana.
Baca juga : Sabun dari Arang Bambu

Cara Membuat :
1. Siapkan wadah
2. Masukkan cuka apel/beras dan air. Perbandingan cuka:air = 1:7
kalau cukanya 1 sendok, airnya 7 sendok
3. Ganti airnya seminggu 1 sekali

Ini perbandingan yang pas di saya, tiap orang beda-beda musti coba sendiri. Enaknya DIY  bisa customize, personal banget sama usernya. Pernah pakai 1:3 waah rasanya celekit-celekit kulit kayak kebakar, di kulit juga ga bagus jadinya. Emang agak sensitiv sih ama asam, pakai masker jeruk aja kesakitan. Nah pas coba 1:7 ini bagus hasilnya, ga celekit juga. Yang berlebihan itu tidak baik :D Saran cobain dulu dari kadar cuka yang rendah. Tapi ada minusnya nih, baunya itu lho ga nahan.. bener-bener bau cuka meskipun udah dicampur air. Sekarang sih saya udah biasa ama baunya. Kalau udah kering ga bau sama sekali kok. Gapapa bau sebentar tapi hasilnya tokcerrr.

Ternyata cuka ini manfaatnya banyak buat perawatan tubuh, ternyata orang jaman dulu kalo ketombean pakai cuka buat ngilangin ketombe. Cuka juga membuat rambut berkilau dan sehat, beberapa resep DIY pakai cuka sebagai pengganti conditioner. Yang saya suka dari Toner ini nggak hanya ilangin beruntusan, tapi juga kontrol minyak dan ngecilin pori. Mungkin karena sifatnya yang asam, jadi mengikis lapisan sel kulit mati, ga kucel. Bakteri jerawat juga pada mati kena asam, kulit terhidrasi jadi lebih lembab (bukan minyakan) pori jadi mengecil juga. Mantap deeh. Met coba dan semoga berhasil !!

7 komentar:

  1. Whiw~~ ada-ada aja Cas, DIY-nya! Nice info :D

    BalasHapus
  2. hi! sebenernya nyampe ke blog ini gara-gara suka liat doodle nya :D (mau order bantal-bantal)
    tapi resep cuka-nya boleh juga dicoba, soalnya mukaku lg nggak jelas bentuknya, jerawat gede-gede tp bukan batu, kaya bengkak gitu, mungkin bisa kempes kalo dikasihin ramuan cuka ini.. makasih sharenya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wala.. ga ngeh ada komen ini wkwkwkwk baru dibales tahun 2017. Thanks yaa sis ferlin, hehe. Iya dicoba aja siapa tau cocok, semoga bisa ngobatin jerawatnya :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Cuka Berasnya aku beli di transmart, merknya aneka macam, pilih merk ini karena kemasannya praktis dan higienis.

      Kalo lebih suka Cuka Apel cari di apotik banyak, soalnya digunain untuk pengobatan juga untuk tubuh, biasanya yang dijual di apotik merknya Tahesta. Untuk cuka apel pilih yang ada ampas(kayak serabut-serabut kecil) itu lebih bagus dibanding yang udah disaring
      Makasi udah berkunjung^^

      Hapus
  4. Hay kak, cuka apel tahesta itu masih ada ampasnya juga gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, ada ampasnya kayak merk Bragg

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...