3.17.2017

MEMBUAT WIFI HOTSPOT DI RUMAH, BYE INTERNET KABEL


Berlangganan ISP (Internet Service Provider) memang praktis untuk mendapatkan layanan internet setiap harinya. Paket yang ditawarkan pun beragam sesuai kebutuhan dan harga. Ada paket internet saja, ada yang termasuk tv kabel, ada juga yang paket wifi.

Seperti dirumah saya berlangganan paket internet dengan kabel. Kekurangannya adalah nggak semua anggota keluarga bisa menikmati, cuma bisa untuk satu orang, pun kabel harus dicolok ke komputer/laptop. Sedangkan sekarang apa-apa lebih praktis menggunakan smartphone, untuk percakapan biasa masih enak memakai paket internet data, tapi kalau lihat video atau dengar podcast ya lumayan nyedot kuota juga. Boros. Bisa sih ganti paket internet wifi, cuma harus sedia tambahan budget.

Cara mengubah internet kabel menjadi wifi hotspot itu gampang :

Pakai Software
Awalnya laptop dijadikan hotspot wifi dengan software, lumayan.. jangkauan sinyal wifi laptop masih cukup lah untuk di lingkup rumah, meskipun di beberapa ruangan nggak kejangkau sinyal haha. Tapi kan enak anggota keluarga bisa ikut pakai juga dibanding dengan internet kabel.
Software yang digunakan : Wifi creator/mypulicwifi, mhotspot, Ostoto hotspot

Enaknya sih mudah cuma butuh laptop/komputer, ga perlu beli router. Setting softwarenya juga mudah, tinggal mengubah nama hotspot dan password.

Minusnya ribet deh harus nyalain komputer/laptop, lagian kasian kan laptopnya dalam jangka waktu lama bisa cepet rusak. Kalau harus nyalain komputer cuma untuk hotspotan sayang wattnya gede, ga ramah lingkungan. Bad choice. Cara ini lebih cocok untuk pemakaian yang jarang.



Pakai Modem Router Wireless
Cara ini lebih oke dibanding menjadikan laptop pakai software, ga harus nyalain laptop dan bisa digunakan kapan aja. Merk dan range harga nya bermacam macam.. dari seratus ribuan hingga jutaan rupiah. Disesuaikan aja dengan kebutuhan kita. Pengaturannya juga mudah banget, untuk yang awam kayak saya aja cuma butuh 5 menit dari memasang hingga setting routernya, tinggal lihat buku manualnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...