1.07.2017

BELAJAR BAHASA INGGRIS TANPA BELAJAR

Saya juga gabisa bahasa inggris, nulis ini juga bukan expert dan jago, masi belepetan bahasa inggris uhuy xD. Cuma pengen share aja, tanpa belajar pun bisa ada kemajuan lho. Tiap orang beda beda ya, ada yang senang mempelajari sesuatu sungguh-sungguh, ada yang lebih suka enjoy bermain main-sambil belajar. Semua ga ada yang sia-sia kok, kayak kata peribahasa "Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui". Bagi yang kurang suka belajar yang 'bener bener' belajar, dalam artian mengkhususkan diri untuk belajar, tips ini cocok untuk yang kurang suka belajar Bahasa Inggris ;)

belajar bahasa inggris tanpa belajar
1. Apa yang kamu senangi?
Bagi sebagian orang belajar bukan aktivitas yang enjoy karena merasa dituntut atau ga nyaman dan akhirnya menolak duluan. Jangan pernah terbebani yang berujung tertekan dan setres, kecuali kalo ambisi dan tujuan lebih besar dibanding pengorbanan yang harus ditempuh, mantab itu lanjutkan. Agar enjoy dan menyenangkan, mulailah dengan yang disukai. Apa yang kamu senangi?

Film ? musik? Game? Novel? komik? Apa? Apaaa?  Aku seneng kalo dapet duit

Suka musik? Resapi dengan sungguh sungguh arti lirik dan pengucapannya (jangan baper kalo lagunya sendu). Suka game? Mainin terutama yang banyak berfokus di jalan cerita, mau gamau jadi ngebacain story dan percakapan satu satu, akhirnya kelatih reading sama vocabulary. Btw ngegame bole asal jangan lupa waktu dengan alasan belajar bahasa haha. Suka nonton? Tontonlah film, lebih afdol pakai subtitle Inggris atau ga pakai subtitle sama sekali. Suka komik, novel, koran atau bacaan lain topik tertentu? bacalah yang kamu haus karenanya. Pastikan semuanya dalam bahasa asing ya.. percuma dong kalo udah diterjemahin.

"Apah..? Belepotan bahasa inggris gini musti baca 1000 halaman inggris semua?? Ya Salaam.."
Yee.. penasaran ama isinya ga? Jadi semangat karena pengen nyelesain kan..Positifnya kalo baca buku aslinya atmosfirnya beda dibanding yang udah diterjemahin kaan..Itu sudah..

Terus kalo gasuka semuanya gimana dong? Dikasi hidup didunia ga ada interest sama sekali? Hmm.. Kalo ngerasa hal diatas buang buang waktu, pengennya nambah skill tertentu tinggal baca tutorial skill yang pengen dipelajari kayak belajar software tertentu, fotografi, cara menaklukan cewek, dsb. Lihat dalam bahasa asing, selain dapet skill yang diinginkan, kemampuan bahasa inggris akan meningkat.

2. Youtube & Podcast!

Belajar listening lewat youtube

Manfaatkan youtube sebagai materi sekaligus guru listening dadakan. Banyak banget subyek yang ada di youtube dari a hingga z. Alam semesta, fisika, fashion, bisnis, tutorial how to be cool, masak dsb. Pilih yang bahasa inggris, biasanya juga kualitas videonya orang asing bagus, enak dilihat. Jangan cuma nontonin vlog keninian yang isinya PPP = pacaran, penuh drama dan pamer. haha

"Ih kamu mah, aku kan ga demen nonton vlog ppp, tapi ga bisa tahan ama kucing dan segala yang fluffy fluffy, cuteness everywhereee.." >>> lha sama ini emang penyakit, susah diilanginnya

Mau nonton/dengerin youtube dapat bonus banyak? Coba subscribe ted talk, talk in google, atau self improvement. Udah pembicaranya berkualitas, gratis pula seperti ikut seminar mahal ga bayar, tinggal pilih materi yang diinginkan. Eh bayar deng nontonnya pake kuota internet, kecuali kalo wifi (maap maap) boleh numpang. Selain bermanfaat untuk diri, bonusnya ga hanya diliputi semangat hal positif, tapi juga kuping semakin peka akan perbendaharaan kata dan perbedaan kosakata, lalu kemampuan listening meningkat tanpa disadari. Menggiurkan bukan? ngok..

Satu lagi, podcast! IMHO dengerin podcast lebih cepat melatih listening ketimbang Youtube. Kenapa? Karena hanya fokus di mendengar, indera pendengaran menjadi lebih aktif menangkap suara dalam bahasa Inggris. Enaknya ga harus pantengin layar juga tinggal dengerin, cocok banget untuk yang suka naik kendaraan umum daripada stres gegara macet kan.. mending nambah ilmu lewat podcast.

3. Suka curhat colongan?
Yang suka curhat di buku atau sekedar numpahin pemikiran liar ke tulisan coba sekali-dua kali-tiga kali mulai pakai bahasa inggris nulisnya. Nulis itu jujur buat saya pribadi rada susah, kadang jadi keder, ini tulisannya bener gini ngga ya -_- belom lagi dihantui grammar. Asli susyeeh bener (buat ane ya)

4. Terpaksa dan Kepepet

Bob marley quotes about strong

Karena terpaksa lalu dilakukan, karena dilakukan lalu (semoga) bisa. Terkadang manusia harus dijorokin atau terpaksa nyemplung, wes kadung basah..sekalian aja geguyur.. ternyata malah bisa berenang. Karena kepepet, terpaksa dan ga ada pilihan justru mendapat potensi/keberuntungan lain kalau dilakukan terus dan ga menyerah. Ga ada yang namanya ga bisa kalo udah kepepet.. Tapi ya jangan beneran dilakuin kalo ga bisa berenang nyemplung ke kolam 3m, ditakutkan menyusahkan orang lain..

Dalam hal ini contoh kecilnya bikin tugas/project diharuskan pakai bahasa Inggris, kalau ga ada yang bantu terpaksa jadi belajar kan.. Pakai aplikasi chat yang kebanyakan orangnya pakai bahasa Inggris, bonusnya kemampuan bahasa meningkat. Atau penyuka film dari berbagai tahun, film jaman dulu selain susah mendapatkan subtitle Indonesia, ada juga yang subtitle Inggrisnya susah dicari. Dapet pun sering kendala teknis, ga pas timingnya. Otomatis nonton tanpa sub, murni dengerin. Atau tv series yang jarang disedian subtitlenya.. Awal memang agak berat lama lama kebiasa, lha gimana nggak, nonton tv series yang berseason-season secara ga langsung jadi materi belajar listening.

Baca juga : situs untuk si pecinta film

Sekilas info aja: 
Omo, pabo, molla, otokke, araso, yoboseo, annyeong >>> tanyakan aja ke penyuka drakor, mereka pasti ga asing sama kata-kata ini padahal ngga ngerti bahasa Korya sama sekali.

Ambil kesempatan dalam keadaan terpaksa, terkadang keluhan muncul disela sela, tapi jangan memadamkan yang bisa dilakukan jadi tidak bisa dilakukan. cemangat kaka~

4. Jangan pernah malu untuk salah
Alkisah ada seorang teman yang mahir berbahasa inggris. Nggak mau menyianyiakan kesempatan, saya minta ajarin dan kepingin latihan ngomong. Akhirnya dia selalu ngomong pakai bahasa inggris, dan saya berusaha menjawab pakai bahasa inggris semampunya. Sering terbata bata dan salah lalu minta maaf *gaenak pan ye kayaknya bego benerrr gitu..Tahu dibalesnya apa?
Everybody makes mistake, you know.. 
Seketika hati ayem bang, membesarkan jiwa adinda. Itu bener, lha wong namanya lagi belajar, salah itu sesuatu yang wajar. Anak kecil belajar jalan timik timik, lalu jatuh adakah yang nyukurin? Ya kali tetiba itu anak langsung bisa loncat sambil lari, kan serem..anak ajaib.

 "Ih jangan disamain dong ama bayi, sekarang kan orang salah dikit langsung dibully, muka yang ga salah apa apa juga kena bully T_T" >>>Ini curhat?

Sumber : Pinterest, maap gatau link aslinya
Lucunya adalah.. orang yang tahu banyak/jago/mahir/pro bakal memaklumi, mengoreksi baik baik, bahkan ga keberatan membantu.. Justru nyinyiran, kata kata kurang menyenangkan datang dari orang-orang yang ga bisa tapi gamau belajar..kesalahan orang lain nampak sekali. Mungkin ga punya keberanian terlihat salah, atau juga mungkin yang terdengar di telinganya terasa sok-sok an, padahal mah niatnya emang mau belajar supaya bisa.

Biar aja gausa diambil hati, minta maaf aja kalo ada yang merasa terganggu sama tapi teteup yaa sedikit-sedikit ngomong pakai bahasa inggris aja walau belepetan. Hahaha bodo amatan mau dinilai bagaimana yang penting itu membuat perubahan di diri, dibandingkan sekedar mendengar omongan dari sekitar. Kalo dalam perdagangan istilahnya untung yang didapat lebih banyak dibanding resiko yang harus dihadapi..

Pakai sesuai tempatnya misal dihadapan orang banyak, agak penting, jangan asal bin ngawur.. dipersiapkan dulu lha. Pernah ada komen di forum film, maksudnya yang nulis dipahami oleh pembaca tapi grammarnya salah, langsung deh dibully. Nulis/komentar diforum luar gitu kudu cek tata bahasa udah bener belum, mentang mentang baru belajar pikirnya orang akan maklumi? ga berlaku deh kalo gini.
  -----------------------
Cara diatas cukup efektif untuk reading, listening, writing dan speaking tanpa harus belajar. Sekali lagi, ga ada yang sia-sia, ambil subject/interest yang disukai, lalu semua akan terasa mudah~ Kalo untuk struktur bahasa dan grammar kayaknya emang musti belajar beneran deh, atau ambil kursus bahasa Inggris. 

Learn for Free
Untuk yang ingin belajar gratis sambil leha leha ngemil, bisa daftar di situs free english courses online di Alison, Mooec. Jadi ga ada alasan untuk ga ada uang untuk belajar, atau sibuk ga ada waktu untuk belajar. Dirumah, di perjalanan, dimanapun kapanpun bisa dilakukan. Modalnya hanya niat mau bisa, kedisiplinan dan internet.

Tulisan ini bukan menitikberatkan bahwa bahasa inggris itu segala-galanya atau tidak menghargai Bahasa Indonesia. Fakta bahwa kemajuan global, komunikasi yang lebih universal memudahkan manusia mengerti tanpa batasan penjuru. Semua itu pilihan ;) 

2 komentar:

  1. tips selalu bawa kamus, klo skrng lbih gmpang ada smartphone. Begitu ngeliat kosakata bhs inggris(bisa dimana aja) yg gatau artinya langsung dicari deh hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tips yang bagus,weww km gtu ya buat latih vocab? Aku penerapannya rada susah hahhaa, baca dalam bahasa inggris sering refleksnya ngartiin scr keseluruhan -_- kalo bacaan yang topiknya menarik tp susah kata katanya baru liat gtranslate. Kadang suka lupa juga stlhnya, baca novel song of ice and fire aja gtu, pas ada perulangan kata udah lupa aja tadi artinya apa yah? Huahaha. Emang harus telaten deh..

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...